Senin, 27 Juni 2011

Tegel Motif Timbul (new)




Tegel dengan motif timbul yang bisa diraba, merupakan salah satu simbol sosial di masa lalu. Bagi orang atau lembaga yang menempelkan tegel motif timbul ini, dapat diasosiasikan sebagai kalangan atas, bangswan, ningrat, kompeni atau pedagang sukses. Tak heran jika tegel motif ini hanya bisa ditemui di lingkungan kraton ternama, kantor-kantor kompeni atau orang yang benar-benar tajir di masanya.

Teknik membuatnya sangat sulit, dan hanya pandai tegel tertentu yang bisa membuatnya. Karena lamanya proses pembuatan, plus hanya orang tertentu, otomatis tidak banyak yang bisa diproduksi. Begitu bergengsinya tegel timbul ini, ia ditempatkan di tempat-tempat terhormat. Misalnya lemari sang tuan, tempat topi, dinding ruang tamu, dan paling minimal adalah penghias dapur. Bahkan ada yang membuatnya dalam pigura.

Ukuran tegel timbul ini 15x15 cm. Ada yang warna dominasi hijau, sedikit biru dan kuning. Motifnya khas Eropa, kembang dan aksen yang memiliki makna khusus. Menurut seorang teman yang cukup lama menggeluti soal barang-barang lama, tegel motif timbul ini sangat banyak penggemarnya saat ini.

Sekarang cukup banyak restoran dan hotel yang memilih desain Vintage, yang mengadopsinya. Seperti Huize Trivelli Jl Kesehatan di daerah Tanah Abang II, hotel Cita Dines di Wahid Hasyim, Resto Merah Delima, di daerah Blok M, Mbah Jingkrak di daerah Kuningan, resto Kembang Goela di BCA Building Semanggi, Harum Manis saming Ciwalk Karet, Bunga Rampai Menteng, Seribu Rasa di Imam Bonjol, Pawon Solo, Lara Djongrang di daerah Cikini, Samara di Kebon Sirih, Warung Daun di Cikini dan Santa serta masih banyak lagi venue yang lain.

Hampir lupa saya memesan tegel motif timbul, kira-kira 5 hari sesudahnya, paket ini pun sampai ke proyek JV dengan selamat. Ukurannya agak tidak lazim, 15x15cm. Tidak banyak, memang. Tapi ada 5 jenis motif, yang didominasi warna hijau. Hanya sekitar 20 biji. Saya kemudian membayangkan jika menjadi ornamen dinding dapur. Tapi akan lebih berkelas bila dikombinasi dengan marmer Verde Patricia dengan permukaan licin.

Potong Verde slab dengan ukuran 45 atau 50cm secara memanjang mengikuti panjang ruang dapur. Nah, di bagian atasnya akan disusun tegel timbul ini secara memanjang. Jadi total tinggi dinding dapur ini sekitar 60 atau 65cm. Pas banget dengan konvensi di soal keramik atau mamer dapur yang lazim dipakai. Tapi paduan marmer Italia warna hijau tua yang sedang trend di mall atau hotel disandingkan dengan tegel motif timbul yang mungkin berumur puluhan tahun, harapannya akan menjadi sesuatu yang indah dan klop. Mungkin sulit dicari samanya.

Verde Patricia ukuran Slab

4 komentar:

  1. bisa dipesan dimana keramik timbul ini?
    japri yaa msqita00@yahoo.com

    BalasHapus
  2. halo saya juga minat, bisa pesan dimana ? bs tlg japri ke enibaliku@gmail.com.Tq

    BalasHapus
  3. halo saya juga minat, bisa pesan dimana ? bs tlg japri ke enibaliku@gmail.com.Tq

    BalasHapus
  4. pesan dimana ya tegel nya? boleh tolong infonya?? j.sumia@gmail.com
    thank you :)

    BalasHapus