Kamis, 23 Juni 2011

MacFarlane Glasgow




Pandaan, adalah kota kecil antara Surabaya dan Malang. Memasuki jalan setapak, atas sepotong informasi dari rekan akrabku di Surabaya. Namanya Pak Kopy, juragan pelek paling top di surabaya. Ketemu dengan pak tua. Dan saya menemukan seonggok besi tua. Dari bahan besi cetakan, dengan ornamen khas Eropa. Bentuknya kurang menarik. Lihat foto bawah, ada upaya membersihkan cat, namun belum maksimal. Toh tidak mengurangi rasa kagum.
Rasanya sulit lagi menemukan besi seperti ini zaman sekarang. Ukuran kira-kira 120x60cm. Ketika coba saya angkat, ya ampyuuunn. Berat banget. Mungkin lebih dari 50kg.

Di list bagian bawah, tercetak nama seperti diukir: GLASGOW dan WALTER MaCFARLANE. Setelah ditelusuri di dunia maya, ternyata Walter MacFarlane adalah orang Skotlandia yang lahir di kota Torrance tahun 1817. Torrance ialah sebuah dusun kecil di pinggiran kota Glasgow. Berkat kegigihan dan talenta MacFarlane, ia akhirnya dikenang sebagai bapak arsitek bangunan dari bahan besi. Perusahaannya, Walter MacFarlane & Ltd dipercaya untuk membangun landmark yang menjadi tanda pengingat sejumlah kota atau negara.

Karya MacFarlane di awal abad 19, bisa dilihat dari gedung Banking Hall di Madras (India), Theatro Jose De Alencar di Fortaleza Brasil, lalu Drinking Fountain Conapy di Mowbray, Sunderland. Lantas Railway Station di Sao Paolo Brasil dan Conservatory di Carston Kelvin Side Skotlandia. Konon, Walter MacFarlane juga memberi kontribusi terhadap beberapa bagian dari kapal TITANIC yang legendaris itu. Perusahaan besi di ujung semenanjung Inggris itu memang dianggap paling terkemuka di dunia pada awal abad ke-19.

Dua hari lamanya saya berpikir ketika sampai di Jakarta. Hari ke-3, saya telp si bapak tua. "Kalo bapak mau, besok saya kirim ke jakarta." Keesokan harinya, si bapak tua itu balik menelepon. "Untung, bapak ambil besi itu. Barusan ada orang kaya dari Bandung mau membelinya dengan harga berapa pun." Gileeeee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar