Minggu, 26 Juni 2011

last collection carl schliepers berdenting




Boleh jadi ini adalah koleksi terakhir produk kunci Carl Schlieper buatan Jerman yang berdenting saat anak kuncinya ditutup. Dan boleh jadi pula ini merupakan koleksi "Old & New" satu-satunya yang masih ada di Indonesia. Maksud "Old & New" tentu saja produk buatan jadoel, tapi belum pernah dipakai sama sekali. Lama teronggok di toko, gudang atau memang sengaja dimpan oleh kolektor.

Perbedaan utama kunci Carl Schlieper ini dibanding produk Schlieper's lainnya, terlatak pada bel kecil yang menyatu dengan desain rumah kuncinya. Saat kunci diputar, akan terdengar bunyi "ting". Mungkin Herr Carl saat itu memikirkan aspek safety. Jadi kalau ada maling membuka lemari tanpa izin, sang empunya segera akan ngeh. Benarkah begitu? Entahlah.

Tapi, kunci ini hanya bisa dipakai di lemari tipe pintu sorong. Ini karena mekanisme kerja kunci yang hanya bisa bekerja apabila posisi daun pintu atau laci tegak lurus terhadap bidang kontak kunci.

Saya dapatkan di Purwakerto, dari teman yang kemudian merekomendasi temannya dan lantas temannya lagi. Tidak pernah bertemu muka. Hanya lewat email dan sms. Tapi karena tidak berprasangka negatif, saya justru mendapatkan kunci Carl Schlieper nan istimewa. Dijual berapapun saat ini, tidak akan saya lepas. Maklum, semua lemari dengan pintu geser milik kami, akan saya ganti kuncinya dengan koleksi berharga ini.

Kalau ada sisanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar